Rabu, 20 September 2017

Apa itu padi dan beras Ampek Angkek?

Masih ada sebagian masyarakat bahkan petani yang masih keliru pemahaman tentang padi ampek angkek dan beras ampek angkek. Karena beranggapan bahwa beras ampek angkek adalah beras hasil padi yang di tanam di kecamatan ampek angkek. Itu adalah sebuah kekeliruan sebab padi yang di tanam di kecamatan ampek angkek ada berbagai varietas seperti padi kuriak kusuik, padi saratuih, padi kusuik putiah, padi ampek angkek dan lainnya. Padi ampek angkek di tanam oleh 65 persen petani di kecamatan ini.
Tidak seperti di tempat lain dimana sebut saja beras A , namun varietas padinya berbagai macam, tapi tetap disebut beras A.


Lalu bagaimana dengan padi dan beras ampek angkek?
Padi ampek angkek adalah padi hasil pemurnian dari padi randah putiah yang mempunyai umur panen 165 hst yang telah dilakukan oleh kelompok tani Karya Pembangunan di nagari balai gurah. Namun saat ini perkembangan dari benih padi ampek angkek ini sedikit terkendala karena belum mempunyai label biru atau belum di lepas oleh Kementan RI. Tapi petani tetap mengembangkan padi ampek angkek atau yang dulu dikenal dengan padi randah putiah. Saat ini juga sedang di uji coba penanaman padi ampek angkek yang telah melalui proses radiasi oleh BATAN , sehingga diharapkan bisa memperpendek umurnya.
Satu hal lagi. Padi ampek angkek mempunyai rasa khas jika ditanam di kec ampek angkek, kec canduang, kec banuhampu, kec tilatang kamang, kec kamang magek kabupaten agam dan di kota bukittinggi bagian timur. Padi ampek angkek juga dapat tumbuh dengan baik di tempat lain, namun rasa nasinya berbeda dengan hasil dari daerah tadi. Hal ini disebabkan faktor tanah dan air.
Nah, hasil dari padi ampek angkek inilah yang kemudian menjadi beras ampek angkek. Bukan beras yang ditanam di kecamatan ampek angkek. Hal ini perlu di pahami agar nanti namanya beras ampek angkek, tapi isinya bukan hasil panen dari padi ampek angkek itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar