Selasa, 29 September 2015

Manfaat beras merah dan beras hitam

Penganekaragaman tanaman padi perlu dilakukan petani untuk menambah penghasilan. Salah satunya dengan menanam padi yang mempunyai nilai jual yang lebih dari padi yang biasanya (padi putih). Salah satu yanng patut dicoba yaitu menanam padi merah dan padi hitam.

Kelompok tani Rimbun mencoba belajar mengembangkan padi merah. Dengan perlakuan organik , padi merah mampu tumbuh dengan baik ditempat kami. Hasil yang didapat cukup bagus bagi 'pemula' menanam padi merah dengan hasil 8 ton/ha.
Sedangkan padi hitam bukan ketan hitam, memiliki pertumbihan yang kurang baik yang hasilnya 4,5 ton/ha. Tapi didaerah lain pun hasilnya hampir sama, makanya petani malas menanan padi hitam ini. Harga GKP kedua padi ini cukup bagus,sekitar Rp 5.500 - 6.000 /kg nya. Sedangkan berasnya ditingkat petani Rp 18.000/kg.

Untuk lebih mendalami cara budidaya padi merah dan padi hitam ini, beberapa waktu lalu kami mengujungi daerah Sariak di Kab Solok yang telah terlebih dahulu mengembangkannya. Dan darisalah seorang warga Sariak, kami diberi bibit padi hitam asli Sariak dan Sungai Abu yang disini dikenal dengan nama Padi Siarang. Semoga dapat juga tumbuh dengan baik di Kab Agam.
Kedepan dengan padi merah dan padi hitam ini, kesejahteraan patani akan lebih meningkat lagi dan peluang pasarnya pun cukup bagus.
Banyak manfaat dari beras merah dan beras hitam ini, karena penggilingannya hanya sekali atau pecah kulit saja. Sehingga gizinya cukup tinggi.


Manfaat beras merah
1. Membuat kulit halus dan mengatasi alergi
2. Mencegah dan mengatasi penyakit diabetes militus, hipertensi, asma, lever dll
3. Meninngkatkan stamina dan mengatasi cepat lelah
4. kandungan vitamin B yang cukup tinggi
5. Sangat baik untuk perkembangan otak bayi

Manfaat beras hitam
1. Meninngkatkan daya tahan tubuh
2. Mencegah gangguan fungsi ginjal
3. Memperbaiki kerusakan sel hati
4. Mencegah kanker dan tumor
5. Mencegah anemia
6. Membersihkan kolesterol dalam darah
7. Sebagai anti oksidan

Berikut cara memasak beras merah dan beras hitam
Sebelum dimasak, direndam dulu dengan air hangat selama 1,5 jam. Kemudian dimasak seperti nasi putih dengan menambahkan 30% air lebih banyak dari biasannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar