Selasa, 29 September 2015

KWT Bougenville berbasiskan organik


Kelompok Wanita Tani atau disingkat KWT merupakan wadah bagi ibu-ibu yang inngin menambah ilmu dibidang pertanian dan membantu ekonomi keluarga. Di nagari Ampang Gadang terdapat satu-satunya KWT yaitu KWT Bougenville di jorong Bonjol Alam.
Sudah banyak manfaat yang didapat para ibu-ibu ini dengan mengisi perkarangannya dengan beraneka sayuran. Dengan memanfaatkan sekitarnya baik tanamannya maupun pemupukan. khusus unutk pemupukan, KWT ini murni menggunakan produk kompos dan penggendalian hamanya pun secara organik. Sehingga dengan berorganik, kesehatan akan lebih terjamin.
Ada yang menawarkan pupuk kimia gratis untuk KWT Bougenville ini, namun karena mereka sudah merasakan manfaat dari memanfaatkan alam ini, mereka menolak bantuan tersebut . Itu karena ibu-ibu ini sudah menjadi organik, sebab yang paling susah itu diri kita sendiri diposisikan sebagai organik. Kalua tanaman di organikkan itu mudah, seperti pepaya yang ditanam, akan berbuah sendiri tanpa perlakuan apapun.
Seperti dengan menanam daun bawang, tiap hari mereka bisa panen untuk membuat nasi goreng. Berapa hematnya jika harus terus membeli daun bawang. Jika seandainya tiap membuta nasi goreng perlu daun bawang seharga Rp. 1.000, berapa kali dalam sebulan membuat nasi goreng?

Ibarat kata Bupati Agam, Bapak Indra Catri, "nan di halaman untuk ka dimakan, nan di parak untuk ka balai".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar